Minggu, 15 November 2009

Pelaku Asing "Wait and See", Rupiah Melemah

04.08 by Viola V ·
Label:
Kurs rupiah terhadap dollar AS di pasar spot antarbank, Jakarta, Jumat (13/11) pagi, turun 18 poin menjadi Rp 9.423-Rp 9.433 dibandingkan penutupan hari sebelumnya, Rp 9.405-Rp 9.415, karena pelaku mulai melepas rupiah yang hari sebelumnya menguat.

"Penurunan rupiah sebesar 18 poin dinilai masih wajar akibat aksi lepas oleh pelaku pasar, setelah sebelumnya sempat berada di bawah angka Rp 9.400 per dollar," kata Direktur Retail Banking PT Bank Mega Tbk, Kostaman Thayib di Jakarta, Jumat.

Kostaman Thayib mengatakan, pelaku pasar melepas rupiah untuk mencari untung setelah dua hari lalu menguat hingga mencapai Rp 9.325 per dollar AS. "Kami semula optimistis rupiah akan dapat mencapai angka Rp 9.300 per dollar AS dalam minggu ini karena sentimen positif dari membaiknya bursa Wall Street, tetapi pelaku pasar berkeinginan lain. Mereka lebih cenderung melepas untuk mencari untung setelah mengalami kenaikan cukup berarti," katanya.

Menurut dia, rupiah akan tetap berada dalam kisaran antara Rp 9.400 dan Rp 9.450 per dollar AS meski sejumlah analis optimistis bahwa rupiah akan dapat berada di level Rp 9.300 per dollar AS pada akhir tahun ini. "Kami memerkirakan rupiah sulit untuk dapat mendekati angka Rp 9.300 per dollar AS karena para pelaku asing agak hati-hati untuk masuk pasar," katanya.

Pelaku asing masih fokus terhadap masalah yang terjadi di dalam negeri yang dikhawatirkan akan menghambat pertumbuhan ekonomi nasional yang ditargetkan mencapai 5 persen. "Apabila berbagai kasus yang terjadi belum dapat diselesaikan, dikhawatirkan pelaku asing akan mengalihkan dananya di pasar Asia lainnya .dikutip dari KOMPAS.COM

0 komentar:

Posting Komentar

MONITOR

SAHABAT BLOGGER

BACKLINK OTOMATIS

Free Auto Backlink

Auto Backlink Network

Free Automatic Backlink Free Auto Backlink Free Auto Backlink Free Auto Backlink Free Auto Backlink Free Auto Backlink Free Auto Backlink Free Auto Backlink